Rabu, 21 Maret 2012

psikodiagnostik

Nama : widayanti
Npm : 6010210036

RESUME PSIKODIAGNOSTIK
          Alat tes tidak bisa dietrapkan pada semua tahapan, setiap tahapan sudah ada alat tes masing-masing dan untuk mengetahui hasilnya akan digunakan dengan cara pengukuran yang berdasarkan pada intervensi dan keilmuan.
Alat ukur terbagi menjadi
-          Alat ukur inventori
-          Alat ukur sifat

Dua alat tes tersebut semuanya terhubung pada à psikometri

Pendekatan penelitian :
-          Jika penelitian masal maka penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Sedangkan, jika penelitian khusus maka penelitian yang digunakan adalah enelitian kualitatif.
Dalam pengukuran psikologi yang dicari dalam organisasi yaitu :
-          Knowledge + skill
-          Skill
-          Attitude
-          Other/personality

è  knowledge : diukur lewat dari pengetahuannya (ilmu) atau pengalaman langsung orang tersebut.
è Skill : diukur dari kemampuan seseorang itu lebih condong/dominan dibidang apa mungkin setelah diketahui dari seberapa jauh pengetahuan yang orang itu ketahui dari apa yang diminatinya.
è Attitude : diukur dari sikap kerja seseorang dari sistematika kerja, kemampuan, daya tahan, keinginan misalkan orang itu lebih kearah introvert (terbuka) atau ekstrovert (tertutup)

1 komentar:

  1. senang bisa berada disini untuk yang kedua kalinya...sebuah kebanggan dapat berkenalan dengan Sobat2 yang memiliki komitmen untuk berbagi pengetahuan yang dimiliki...ditunggu sharing pengalaman yang berinteraksi dengan banyak hal yang dikomunikasikan dari kacamata psikologi...ditangan penulis yang dingin sperti ini, pasti akan tercipta karya-karya yang "melegenda"...ditunggu ya inspirasinya untuk 1ndONEsia!

    BalasHapus